Tips Menjadi Supplier Sayuran Untuk Restoran dan Hotel


Beragamnya hasil/produk sayuran membuka lebar pintu usaha yang bisa dilakukan. Mulai dari sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, sampai biji-bijian. Apabila kreatif masih banyak peluang yang bisa dilakukan meskipun saat ini produk sayuran sudah banyak tersedia di pasar tradisional maupun pasar modern. Berikut ide untuk menjalankan usaha berbasiskan produk pertanian. Kebutuhan akan produk pertanian yang tinggi berarti juga meningkatnya permintaan.

Yang dibutuhkan adalah produk yang segar dan berkualitas baik. Di pasar modern yang dibutuhkan adalah produk yang siap pakai dan terjamin mutunya. Kita bisa melakukan survey terlebih dahulu produk-produk manakah yang paling banyak diminati, dan harganya cukup stabil. Pilihlah hasil pertanian sesuai dengan ketentuan yang telah kita buat, kemas dengan baik serta menarik dan harga akan menyesuaikan dengan kualitas yang kita tawarkan. Sedangkan untuk hotel dan restoran, rata-rata membutuhkan produk segar khusus yang disesuaikan dengan menu special yang akan disajikan. Jalinlah hubungan yang baik dan jagalah kepercayaan, maka hubungan usaha kita akan berjalan dengan lancar. Untuk catering, produk-produk yang dibutuhkan seringkali dalam jumlah besar.

Menjaga pasokan dalam jumlah yang cukup dan dalam kualitas yang selalu terjaga merupakan tantangan yang tidak mudah dilakukan. Namun dengan relasi yang baik dengan para petani, produk-produk pertanian yang segar akan selalu sanggup kita sediakan. Lebih baik lagi apabila dilakukan survey pasar untuk tetap menjaga agar pasokan tetap ada dengan harga yang terjangkau.

Beberapa produk pertanian memang sangat tergantung pada musim dan cuaca, sehingga harga akan melonjak tinggi apabila produk tersebut mulai langka di pasaran. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha supplier sayuran
  1. Menjalin komunikasi dan networking dengan banyak petani dan pedagang besar yang menyediakan bermacam-macam produk dengan kualitas yang terjaga
  2. Selalu menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan produk sesuai dengan kualitas yang diminta, dan segera menggantinya apabila ada produk dibawah standar yang ditetapkan
  3. Rajin melakukan survey dan pengamatan di pasar tradisional maupun modern untuk mengetahui tingkat harga yang berlaku saat ini.
  4. Menjaga pasokan barang selalu terjaga dengan cara menjalin kerjasama dengan beberapa daerah penghasil produk pertanian.
  5. Jeli terhadap permintaan pasar akan produk-produk tertentu, dan selalu berusaha mengumpulkan informasi tentang kebutuhan akan produk-produk pertanian terbaru
  6. Saat ini yang banyak diburu adalah produk pertanian yang bisa meningkatkan kesehatan. Tidak ada salahnya mencari informasi tentang manfaatnya dan berusaha memenuhi permintaan pasar akan produk tersebut.
  7. Mempunyai pengetahuan tentang jenis-jenis produk pertanian berikut cara penyimpanan masing-masing produk. Lebih baik lagi apabila memiliki ruang penyimpanan khusus yang memiliki fasilitas mesin pendingin. Beberapa hasil pertanian memiliki jangka waktu penyimpanan yang pendek sehingga harus diwaspadai untuk menghindari kerugian. Selamat menyusun rencana untuk menjadi supplier sayuran. Selalu berusaha dan menemukan yang terbaik untuk mencapai hasil yang maksimal.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama